Popular Posts

Tuesday, May 5, 2009

BMW Coupe Tercepat di Dunia



Inilah BMW Coupe tercepat di dunia. Kemampuan yang di banggakan, kecepatan yang bisa diraihnya di atas 370 km/jam. Demikian klaim dari rumah tuner G-Power Hurricane CS, Jerman. Karya mereka ini disebut BMW M6 G-Power Hurricane CS.Sayangnya, klaim tersebut tidak disertai data akurat. Antara lain, apakah ini merupakan rekor resmi dunia? Kapan dan dimana tes untuk mendapatkan kecepatan tersebut dilakukan? Bahkan kecepatan sesungguhnya tidak dinyatakan oleh G-POWER yang mengilik mobil ini, baik mesin maupun bodinya.Twin SuperchargerHanya dijelaskan, mobil ini menggunakan mesin V10 SK III RS yang dilengkapi dengan twin-supercharger. Mesin ini sebelumnya sudah ditanamkan pada M5 Hurricane CS. Namun untuk M6 inii, sistem turborcharger kembarnya dirancang ulang. Tujuannya agar mesin bisa mencapai putaran yang lebih tinggi lagi.Kedua supercharger baru model ASA1316 (sebelumnya ASA1 313) dengan ukuran lebih besar. Masing-masing charger bertugas menghembuskan udara ke setiap barisan silinder (terdiri dari 5 silinder). Dijelaskan oleh G-Power dengan supercharger baru, jumlah udara yang dihembuskan pun bertambah sampai 25 persen.Meski begitu, tidak semua udara itu bisa digunakan. Pasalnya, bila digunakan secara maksimal, menurut G-Power, tenaga mesin bisa mencapai lebih 900 PS! Wah...wah! Lantas bagaimana cara mereka melakukan modififikasi dahsyat tersebut?Komponen KhususUdara dari kedua supercharger lebih dulu didinginkan pada intercooler sebelum dimasukkan ke dalam mesin. Tipe intercooler adalah air-udara yang dicat dengan warna oranye. Kotak filter udara dibuat dari aluminium. Tujuannya, agar bisa dipasang sedekat mungkin ke mesin.
Menurut G-Power, dengan cara ini, respon mesin terhadap injakan pedal gas oleh pengemudi, sama dengan mesin produksi, kendati torsinya lebih besar.
Bagian dalam dari mesin 10 silinder, punya 4 katup setiap silindernya. Untuk mengoptimalkan kerja mesin digunakan piston mesin balap buatan Mahle untuk menurunkan kompresi.
Seluruh piston disamakan bobotnya dan lebih kuat dari versi produksi. Setang piston produksi dan pin juga harus ditinggalkan, diganti dengan komponen khusus dengan target harus mampu menghasilkan dan bekerja dengan tenaga mesin yang lebih besar.
Pengapian juga dioptimalkan dengan mengubah mapping-nya. Hasilnya, klaim G-Power lagi, tenaga yang dihasilkan mencapai 750PS atau 552 kW yang tersedia antara 7.500 dan 8.000 rpm. Untuk torsi, 800 Nm pada 5.000 rpm.
Sebelumnya, kreasi G-Power adalah M5 Hurricane CS dengan tenaga juga 750PS namun hanya mampu mencapai kecepatan tertinggi 367,6 km/jam. Itu pada jenis sedan. Prestasi ini diklaim diperoleh tahun lalu. Untuk M6 bodinya lebih aerodinamis daripada sedan.
Untuk mencapai kemampuan tersebut, beberapa bagian dari mobil, bobotnya dikurangi. Antara lain knalpot, jok dan suspensi. Bodi kit dibuat dari serat karbon baru. Begitu juga dengan apron depan yang baru, bonnet yang diberi ventilasi, fender, difuser, apron belakang dan sayap belakang.
Komponen bodi yang disebutkan terakhir tujuannya untuk menjaga mobil mantap mencengkeram di permukaan jalan. Sedangkan untuk memperlambat dan menghentikan laju, digunakan rem dari karbon keramik dengan kaliper 6 piston.
Untuk menguji kecepatan, ban dan pelek mesti ditukar. Pasalnya, batas kecepatan ban standar 340 km/jam. Begitu juga dengan speedometer yang mampu bekerja sampai 400 km/jam. Untuk pemakaian sehari-hari digunakan pelek 21 inci Silverstone Diamond.
SprintSelain kecepatan tertinggi, kemampuan mobil dengan bobot hampir 2 ton ini ini melakukan sprint dari 0–100 km/jam hanya butuh 4,4 detik. Untuk 0–200 km/jam, 9,6 detik dan 0–300 km/jam 26 detik untuk 0-300 km/jam.
Kecepatan 370 km/jam membutuhkan ban khusus, yang dipasang pada pada pelek alloy ringan G-POWER. Mitra teknologi, G-Power adalah Michelin yang menyumbangkan ban Pilot Sport PS 255/35ZR19 untuk depan dan 305/30ZR 19 di belakang.
Harga yang ditawarkan G-Power setelah mobil ini dimodifikasi, sekitar 360.000 euro. Sama dengan Rp 5 miliar. Nah, bisa dibayangkan ada yang menginginkan di indonesia dan masuk secara resmi, akan dikenakan berbagai pajak yang nilai dua kali lipat mobil. Dipastikan harganya akan menjadi Rp 10 miliar. Ada yang berminat!

No comments:

Post a Comment